Kamis, 22 Juni 2023

Tulus Mengampuni Sesamamu Maka Bapa di Surga Mengampunimu

 Selamat Pagi Bapa Ibu Saudara Saudari. Doa dan berkat untuk usaha, pekerjaan, dan kesehatan Bapa Ibu Saudara Saudari bersama keluarga. Tuhan selalu memberkati. 


"St. TOMAS MORE mati sebagai pembela kebenaran imam  di Inggris. Ia dianggap pengkhianat melawan Raja Inggris yg tidak benar dan lalu dibunuh oleh pengikut Raja Inggris. Sebelum menghembuskan nafas terakhir   Santo Thomas mendoakan musuh musuh dan mengampuni para pembunuh. Santo Tomas More pasti diampuni Tuhan dan sudah berbahagia di Surga.


AMPUNILAH SESAMAMU MAKA BAPAMU DI SURGA MENGAMPUNIMU (Mat.6:7-15). Inilah salah satu bagian penting dari Doa Bapa Kami sebagai doa paling sempurna yg diajarkan Tuhan Yesus kepada Para pengikutNya. Setiap murid Yesus mampu mengampuni sesamanya, tidak menciptakan musuh, tidak memusuhi, hidup damai dengan semua termasuk orang yg memusuhi. Dengan demikian damai dan sukacita dimiliki setiap pengikut Yesus, yang tidak dapat direbut oleh siapapun termasuk oleh musuh-musuh. 


Kita setiap hari berdoa Bapa Kami secara bersama, dalam Ibadat Pagi, Ibadat Sore, dan Setiap Kali Perayaan Ekaristi. Belum lagi berdoa Bapa Kami secara pribadi. Maka dalam relasi dengan sesama, seharusnya kita tidak memiliki musuh dan tidak menciptakan musuh, selalu mampu mengampuni sesama, dan dengan demikian berdamai dengan semua orang. Kita mau mengampuni, pasti kita bisa berdamai dalam semua. "


Salam hangat dari Rm Bene SVD di Postulat Stella Maris. Tuhan selalu memberkati kita. Amin. ***.

Tidak ada komentar: