Rabu, 21 Juni 2023

Memupuk Kesalehan Personal & Kesalehan Sosial

 Selamat Pagi Bapa dan Ibu serta Saudara dan saudari. Doa dan berkat dalam misa pagi ini untuk usaha, pekerjaan dan kesehatan Bapa Ibu Saudara Saudari. Tuhan selalu memberkati. 


"Tgl 10 Juni 2023 terlaksana seminar bertema GEREJA BERPOLITIK di Keuskupan Surabaya. Ada satu hal yg menarik dalam seminar ini adalah Umat Katolik belum menjaga secara seimbang antara kesalehan personal keimanan dengan kesalehan sosial kemanusiaan. Diharapkan Gereja memiliki budget yg jelas tentang memupuk hidup  keberimanan dan kemanusiaan secara seimbang agar Gereja Katolik lebih berkualitas dalam kesalehan personal internal Gereja Katolik maupun berkualitas dalam kesalehan sosial kemanusiaan sebagai wujudnyata umat Katolik diutus dan hadir sebagai terang dan garam masyarakat dunia. 


Kesalehan personal keimanan dan kesalehan sosial kemanusiaan pengikut Yesus adalah fokus dalam Bacaan Pertama dan Injil pada Ekaristi hari ini. Kesalehan sosial kemanusiaan dilaksanakan dengan bersedekah kepada sesama lintas batas, secara tulus dan jujur dan penuh sukacita. Kesalehan personal keberimanan dipupuk dalam rajin berdoa dan berpuasa secara sukacita, tidak terpaksa, tidak munafik, secara tulus dan jujur. Inilah yg disukai Allah yg tampak dalam dua bacaan bacaan suci hari ini ( 2Kor.9:6-11; Mat.6:1-6.16-18). 


Kita sebagai pengikut Yesus dengan harapan untuk mendapat upah dari Tuhan yaitu masuk ke dalam sukacita Bapa di Surga. Untuk itu syaratnya adalah memupuk kesalehan personal keberimanan lewat rajin berdoa dan berpuasa secara tulus jujur;  memupuk kesalehan sosial kemanusiaan lewat bersedekah bagi sesama lintas batas, yg dilaksanakan secara tulus, jujur, sukacita, tanpa paksaan, tanpa mencari pujian dari orang lain." 


Salam hangat dari Postulat Stella Maris Malang. Tuhan selalu memberkati kita semua. Amin.***

Tidak ada komentar: