Jumat, 23 Juni 2023

DIMANA RUMAH BESERTA HARTAMU BERADA, DI SITU PULA HATIMU BERADA

Selamat Pagi Ibu Bapa Saudara Saudari. Doa dan berkat untuk usaha, pekerjaan, dan kesehatan Ibu Bapa Saudara Saudari. Tuhan selalu memberkati. 


"Ada banyak harta yg dimiliki manusia. Salah satu harta adalah Rumah dengan segala harta yg ada di dalamnya. Meski pergi jauh, hati pemilik Rumah selalu ada di Rumah dengan segala harta yg ada di dalamnya. Pemilik Rumah tidak ingin kehilangan harta yg ada di Rumahnya.


Yesus bersabda, diimana Hartamu berada di situ hatimu berada (Mat.6:19-23). Ada kelekatan hati manusia pada harta yg dimilikinya. Harta itu ada dua yaitu harta duniawi dan harta surgawi. Harta duniawi sebagai alat untuk memiliki harta surgawi yg abadi yaitu sukacita kekal di Surga. Manusia tidak boleh dikendalikan oleh harta duniawi tetapi dikendalikan oleh harta surgawi yg abdi. Orang harus bekerja keras untuk mendapat harta duniawi seturut kehendak Tuhan yaitu menggunakan cara halal, jujur dalam memperoleh harta duniawi. Itu artinya orang bekerja keras mendapat harta duniawi secara benar sesuai kehendak Allah.


Kita membutuhkan harta duniawi yg  digunakan sebagai sarana untuk memperoleh harta surgawi yg memberi kebahagiaan kekal di Surga. Kita tidak dikendalikan oleh harta duniawi tetapi harta surgawi yg mengendalikan kita. Ini menunjukan kualitas iman kita di tengah dunia. Kita ada dan hadir sebagai terang dan garam masyarakat bagi dunia, dalam kerja dan pelayanan kita."


Salam hangat dari Rm Bene SVD di Postulat Stella Maris Malang. Tuhan selalu memberkati kita. Amin. ***.

Tidak ada komentar: