Selasa, 13 Juni 2023

"MENJADI GARAM DAN TERANG BAGI DUNIA"

 *P.Benediktus Bere Mali, SVD*


Selamat pagi. Tuhan selalu Memberkati.  


"Ada berbagai bumbu yang dibutuhkan pemasak di dapur atau di restoran untuk membuat masakan lebih enak memuas indera rasa lida orang yang makan dan meningkatkan selera makan di meja makan. Salah satu bumbu yg utama adalah garam yang fungsinya membuat masakan enak di indera rasa lida orang yg makan. Di malam hari, setiap orang yg makan di rumah maupun di restoran pasti membutuhkan terang agar dapat melihat makanan di atas meja makan dan lebih nyaman makan makanan. Suasana gelap di malam hari, khususnya pada jam makan, pasti mendorong orang pertama-rama mencari terang dari listrik, lilin, atau senter bahkan lampu HP, sebagai penerang untuk makan dalam suasana Terang. Dalam konteks makan di rumah atau di Restoran khusus di malam hari, bumbu garam dan Cahaya sangat dibutuhkan manusia untuk lebih nyaman menikmati makanan yang enak karena berbumbu garam dan bercahaya. 


Injil hari ini Mat 5:1-12 memandu setiap pengikut setia Yesus untuk menjadi Garam dan Terang dalam hidupnya  di tengah masyarakat plural. Murid-murid Yesus dituntun untuk menjadi teladan dalam kata dan aksi yang membuat situasi dan suasana hati sesama sekitar merasa nyaman aman damai tenang serta sukacita. Kehadiran Para Murid Yesus sepanjang zaman menjadi fungsi garam yg mengenakan suasana hidup bersama kapan dan dimana saja berada, juga menjadi pelita yang menerangi jalan bagi orang lain untuk berjalan di jalan keilahian yg lahir dari imam sekaligus di jalan kemanusiaan yang disukai oleh semua orang di muka bumi ini. Tugas murid Yesus ini akan menjadi nyata maka perlu dipraktekan setiap hari dalam hidup bersama, sehingga menjadi karakter dan habitus baru setiap murid yg setia pada Tuhan Yesus. 


Kita adalah murid Yesus kini disini dan seterusnya. Kita adalah garam dan terang Kristus yang menyelamatkan semua orang di dunia, kini dan disini dan seterusnya. Kita menjadi teladan keimanan dan kemanusiaan bagi semua orang lintas batas. Hal ini menjadi karakter kita dan habitus baru kita bila kita setia salalu setiap saat menjadi teladan iman dan kemanusiaan dalam kata dan aksi." Salam hangat dari Rm Bene SVD di Postulat Stella Maris Malang, Rumah Pendidikan Calon Imam. Tuhan selalu memberkati kita semua. Amin.***


Sumber Renungan Ekaristi Harian:

Senin, 12 Jun 2023

Bacaan I: 2Kor 1:1-7

Mazmur Tanggapan: Mzm 34:2-3.4-5.6-7.8-9

Bait Pengantar Injil: Mat 5:12a

Bacaan Injil: Mat 5:1-12




SUMBER RENUNGAN MISA HARIAN

13 JunI 2023

PW S. Antonius dari Padua, Imam dan Pujangga Gereja

Bacaan I: 2Kor 1: 18-22

Mazmur Tanggapan: Mzm 119:129.130.131.132.133.135

Bait Pengantar Injil: Mat 5:16

Bacaan Injil: Mat 5:13-16

Tidak ada komentar: