Senin, 12 Juni 2023

BAHAGIA DI DUNIA SEARAH BAHAGIA DI SURGA

*P.Benediktus Bere Mali, SVD*

 Selamat pagi Bapa Ibu Saudara dan Saudari Soverdia. Tuhan selalu memberkati kita semua


 "Semua orang normal pasti mencari dan menemukan serta menikmati kebahagiaan. Salah satu sumber kebahagiaan adalah memiliki banyak harta duniawi untuk memenuhi kebutuhan pokok yaitu makananan yang bergizi, perumahan yg sehat, pakaian yang sehat. Harta yang dimiliki itu juga untuk melengkapi kebahagiaan dengan memenuhi kebutuhan sekunder yaitu pendidikan, kesehatan, dan rekreasi, dll. Kebahagiaan duniawi itu diraih dengan cara yg benar, baik, adil, jujur, dan lewat kerja keras halal di hadapan publik. Lalu pertanyaannya, Apakah kebahagiaan itu sudah lengkap? 


Injil hari ini memandu setiap orang Katolik pengikut Yesus untuk melihat kebahagiaan dari sisi spiritual yang tidak ada dalam kriteria kebahagiaan duniawi di atas. Orang yang berbahagia adalah mereka yg mengosongkan diri(bdk. Mat 5:1-12) di hadapan Allah, rendah hati, tidak sombong, mengandalkan Tuhan di atas segalanya yang bersifaf materi, yang hanya sebagai sarana menuju kebahagiaan sejati tinggal dalam Kerajaan Allah. Selain itu orang yg bahagia adalah mereka yg menerima Salib dan menikmati Salib karena setia kepada Yesus yg telah lebih dahulu menerima dan menikmati Salib (2Kor 1:1-7) demi keselamatan semua manusia, karena jalan Salib adalah jalan menuju Rumah Bapa di Surga, tiada jalan lain bagi setiap pengikut Setia Tuhan Yesus sebagai jalan kebenaran menuju Rumah Bapa di Surga. 


Kita orang Katolik ikut Yesus untuk bahagia di dalam Rumah Bapa di Surga yg dimulai di dunia tempat tinggal saat ini. Untuk Tinggal di dalam Rumah Tuhan di Surga di sini dan di Surga memiliki syaratnya yaitu kosongkan diri (RENDAH HATI) agar Rahmat Tuhan mengalir lancar kedalam diri kita, yang memberi kebahagiaan Allah kepada kita dan kita hidup dalam sukacita Allah. KESOMBONGAN orang menutup aliran rahmat Kebahagiaan Allah kepada dirinya. Syarat yg lain adalah menerima dan menikmati SALIB KRISTUS untuk kebaikan dan keselamatan bersama. Jalan Salib Kristus adalah satu-satunya Jalan menuju Rumah Bahagia Bapa di Surga. Cinta dan korban demi kebenaran, keadilan, kejujuran, kebaikan sesuai ajaran Yesus adalah jaminan bagi kita menuju Bahagia Sejati dalam Tuhan di RumahNya di Surga yang mulai di sini, kini, dan di tempat ini." 

Salam hangat dari Rm Bene SVD di Postulat Stella Maris Malang, Rumah Pendidikan Calon Imam. Tuhan selalu memberkati kita semua. Amin.***


Sumber Renungan Ekaristi Harian:

Senin, 12 Jun 2023

Bacaan I: 2Kor 1:1-7

Mazmur Tanggapan: Mzm 34:2-3.4-5.6-7.8-9

Bait Pengantar Injil: Mat 5:12a

Bacaan Injil: Mat 5:1-12

Tidak ada komentar: