Selasa, 20 Juni 2023

Mengasihi Musuh & Mendoakan Orang Yg Menganiaya itu Jalan Menuju Kesempurnaan Bapa di Surga

 Selamat Pagi Bapa Ibu Saudara Saudari semua. Doa dan berkat dalam misa pagi ini untuk usaha, pekerjaan dan kesehatan yg baik bagi keluarga Bapa Ibu Saudara dan Saudari Semua. Tuhan selalu memberkati. 


"Matahari dan Hujan sangat dekat dengan manusia di seluruh dunia. Matahari selalu bersinar bagi semua orang yg jahat dan yang baik. Hujan selalu Turun bagi semua orang yang benar dan yg tidak benar. Apakah kasih dan doa manusia itu seperti Matahari dan Hujan bagi semua orang, tanpa like dan dislike? 


Yesus dalam  Injil hari ini (Mat.5:43-48) mengajak setiap pengikutNya untuk selalu berusaha sempurna seperti Bapa di Surga. Jalan menuju sempurna  seperti Bapa di Surga itu melalui mengasihi musuh yg memusuhi pengasih  dan mendoakan orang yg menganiaya pendoa. Mengasihi musuh dan mendoakan orang yg menganiaya itu seperti Matahari bercahaya bagi orang jahat dan orang baik. Mendoakan orang yg menganiaya itu seperti Hujan turun bagi orang benar dan tidak benar. Hal ini terjadi lahir dari hati tulus pendoa mendoakan yang menganiaya diri pendoa dan mengasihi orang yang melakukan kejahatan kepada diri pengasih. Inilah jalan mengalami kesempurnaan Bapa di Surga, yg sudah dimulai disini, kini, dan sampai masuk Surga. 


Kita tentu mau masuk Surga mengalami kesempurnaan Bapa di Surga. Kita pun tentu memiliki halangan karena memusuhi dan dimusuhi, menyakiti dan disakiti. Kita perlu menyembuhkan diri secara psikologis untuk tidak membenci sekalipun dibenci tiada akhir,  tulus mengasihi sekalipun dianiaya terus menerus. Olah rasa psikologis ini adalah jalan sempurna manusiawi secara psikologis sebagai lahan subur bagi bertumbuhnya kesempurnaan seperti Bapa di Surga, jalan sempurna secara rohani. Dengan Kata lain menjadi sempurna itu melalui jalan usaha manusia secara psikologis manusiawi sekaligus melalui jalan terbuka pada rahmat Tuhan. Tuhan pasti memberkati usaha kita secara manusiawi untuk menjadi sempurna seperti Bapa sempurna di Surga."


Salam hangat dari Rm Bene SVD di Rumah Pendidikan Colon Imam dan Bruder, Postulat Stella Maris Malang. Tuhan memberkati kita semua. Amin. ***

Tidak ada komentar: