Sabtu, 24 Juni 2023

MENJADI ANAK ALLAH SAAT DIBAPTIS

Selamat pagi Ibu Bapa Saudara Saudari. Selamat Merayakan Hari Raya Kelahiran Santo Yohanes Pembaptis. Doa dan berkat dalam misa pagi ini untuk usaha, pekerjaan dan kesehatan keluarga Ibu Bapa Saudara Saudari. Tuhan selalu memberkati. 


"Setiap  manusia yg lahir pasti memiliki namanya berdasarkan harapan orang tua, harapan masyarakat dalam budaya anak. Misalnya orang Jawa memberi nama Budiman kepada anaknya yg baru lahir. Dengan nama Budiman, Orang tua mengharapkan agar anaknya kelak memiliki budi yang baik . Atau orang tua memberi nama Hartawan kepada anaknya. Dengan nama ini, orang tua berharap agar kelak anaknya memiliki harta yg berkecukupan. 


Injil hari ini (Luk.1:57-66.80) menampilkan Keluarga Elisabeth dan Zakharia memiliki Anaknya yang baru lahir. Uniknya, Allah yg memberi nama kepada anak, bukan oleh orang tua yang memberi nama kepada anaknya, seperti yg lazim terjadi. Nah, menarik sekali bahwa Allah memberi nama anak itu, Yohanes artinya yang dikasihi Tuhan dan diharapkan oleh Tuhan, anak sesuai namanya Yohanes, dapat selalu  mengasihi Tuhan, Sesama, diri sendiri & alam sekitarnya. Yohanes lahir sesuai kehendak Allah dan harapan Allah, kelak anak ini menjadi pribadi yg ada dan hadir, untuk selalu setia mengasihi Tuhan, Sesama, alam, dan diri sendiri.  Diharapkan bahwa Yohanes itu kelak sederhana, rendah hati, selalu mengasihi semua orang tanpa batas.


Kita lahir dengan nama kita masing- masing- Waktu dibaptis. Kita menjadi anak Allah saat dibaptis.  Menjadi anak Allah berarti Kita diharapkan selalu Hidup sesuai kehendak Allah.  Kita pun diberi nama Baptis Santo atau Santa. Maksudnya jelas, bahwa nama santo dan santa yg kita miliki, supaya kita selalu  setia pada kehendak Allah seperti Santo atau Santa yg menjadi teladan Iman kita.  Misalnya Nama Baptis Benediktus artinya Menjadi Berkat bagi Sesama karena diberkati Tuhan." 


Salam hangat dan berkat dari Rm Bene SVD di Postulat Stella Maris Malang, Rumah Pendidikan Calon Imam. Tuhan selalu memberkati kita. Amin.***

Tidak ada komentar: