Minggu, 18 Juni 2023

JANGAN HENTIKAN ALIRAN RAHMAT TUHAN DENGAN EGOISME

 Selamat pagi Ibu Bapa Saudara Saudari semua. Doa dan berkat dalam misa pagi ini untuk usaha, pekerjaan dan kesehatan keluarga Ibu Bapa Saudara dan saudari semua. Tuhan selalu memberkati kita semua.


"Ada Matahari yg setia memberi cahayanya kepada semua orang tanpa pilih kasih. Ada hujan yg turun kepada semua tanpa like dan dislike. Ada nafas kehidupan yg dinikmati oleh setiap insan setiap detik. Inilah berkat cuma-cuma dari sang pemberi kepada manusia yg menikmatinya setiap detik. Apakah manusia selalu bersyukur atas rahmat ini?


Injil hari ini Mat.10:8, KAMU TELAH MEMPEROLEHNYA DENGAN CUMA-CUMA, KARENA ITU BERIKANLAH PULA DENGAN CUMA-CUMA. Tuhan memberi kuasa untuk berbuat baik kepada para murid secara gratis: kuasa usir setan, kuasa sembuhkan orang sakit, kuasa bangkitkan orang mati, kuasa tahirkan orang kusta. Kuasa itu diterima cuma-cuma dan berikanlah secara cuma-cuma. Untuk salurkan rahmat itu secara lebih cepat dan lebih lancar maka Yesus memilih kerja teamnya yaitu 12 Murid. Kerja sama dalam hal baik sesuai kehendak Yesus Sang Guru adalah fokus dalam Injil hari ini. Untuk mengubah dunia ke arah yg lebih baik sesuai kehendak Tuhan Yesus, penting sekali ada kerja sama team yang solid dan punya komitmen dan kesetiaan yg kokoh pada arah dan arahan Sang Guru Tuhan Yesus sendiri. Tidak ada visi para murid yang ada adalah visi sang Guru. Visi Yesus Sang Guru adalah Visi Para Murid.


Kita menerima begitu banyak rahmat dari Tuhan. Itu adalah titipan Tuhan kepada kita dan kita semestinya terus alirkan rahmat itu kepada sesama kita dimana saja kita berada. Kita tidak boleh tutup saluran rahmat dari Tuhan itu dengam egoisme kita. Egoisme mematikan aliran rahmat dari Tuhan kepada kita dan  dari kita kepada sesama. Tuhan menghendaki agar selang aliran rahmat itu terus terbuka aliran rahmat dari Tuhan kepada kita dan dari kita kepada sesama tanpa akhir. Kita telah memperoleh rahmat Tuhan dengan cuma cuma, karena itu kita berikan pula dengan cuma cuma." 


Salam hangat dari Rm Bene SVD di Postulat Stella Maris Malang, Rumah Pendidikan Calon Imam. Tuhan selalu memberkati kita. Amin.***


SUMBER RENUNGAN MISA

HARI MINGGU BIASA XI

18 Juni 2023

Bacaan I: Yes 19: 2-6a

Mazmur Tanggapan: Mzm 100:2.3.5;R:1h.3c. 

Bacaan II:

Bait Pengantar Injil: Mrk.1:15. 

Bacaan Injil: Mat.9:36-10:8

Tidak ada komentar: