Jumat, 04 Agustus 2023

Apakah Anda Pernah Mengalami Penolakan?

 Selamat pagi Bapa Ibu Saudara Saudari. Doa dan berkat utk pekerjaan, usaha dan kesehatan kita semua. Tuhan selalu memberkati kita. 


"Ada banyak sakit penyakit yang diderita manusia. Di antara sekian banyak sakit penyakit itu ada satu penyakit yg sulit disembuhkan yaitu sakit penyakit yg diderita karena mengalami penolakan oleh orang-orang terdekat, orang tua, keluarga, orang yg hidup sekomunitas. Salah satu cara untuk sembuh adalah menerima penolakan itu. Ketika alami penolakan, berilah penerimaan, ketika dibenci, berilah cinta. Hanya dengan itu sakit karena ditolak, dapat disembuhkan. 



Yesus mengalami penolakan oleh orang seasal dan sekampungnya sendiri[Mat.13:54.55.56b-58]. Mereka menolak Yesus karena mereka tidak Percaya kepada Yesus akan segala keunggulan Yesus dalam berbicara dan bertindak. Menarik bahwa Yesus menerima penolakan itu. Yesus tidak frontal membalas penolakan dengan penolakan. Yesus menanggapi penolakan itu dengan kepala dingin dan pergi melayani di tempat lain yg menerima pelayananNya. Tuhan Yesus tidak serta merta menggunakan kekuasaanNya sebagai Tuhan untuk mengutuk orang orang seasal yg menolakNya. 



Injil hari ini meneguhkan kita untuk belajar dari Yesus yg dengan kepala dingin menerima setiap penolakan yang dialami. Kita tentu pernah ditolak oleh orang terdekat dan orang orang sekomunitas. Kita mau seperti Yesus menerima penolakan dan tidak frontal menghadapi sumber penolakan. Ketika dibenci, kita mencintai. Ketika ditolak, kita menerima mereka yg menolak kita. Itulah kunci sembuh dari sakit karena alami penolakan. Itulah yg Tuhan Yesus ajarkan."


Salam hangat dari Rm Bene SVD di Postulat Stella Maris Malang. Tuhan selalu menyertai kita. Tuhan memberkati kita semua. Amin

Tidak ada komentar: