Jumat, 07 Juli 2023

"Orang Suci Punya Masa lalu, tetapi Pendosa punya masa depan"

 Selamat pagi Ibu Bapa Saudara Saudari. Doa dan berkat untuk Ibu Bapa Saudara Saudari dalam misa pagi ini. Tuhan selalu memberkati. 


"Ada satu tokoh novelis dan penyair dari Irlandia, Oscar Wilde pernah berujar, "Orang Suci memiliki masa lalu, tetapi orang berdosa memiliki masa depan." Orang yang tidak sempurna belajar dari masa lalu  dari orang - orang Kudus untuk memperbarui hidupnya di hari esok. 


Rupanya mirip sekali dengan Matius si pemungut cukai yg memiliki masa lalu penuh dosa itu dipanggil Tuhan Yesus. Matius adalah pendosa yang memiliki masa depan untuk  membarui hidupnya dari manusia lama menjadi manusia baru. Matius adalah pendosa mempunyai masa depan yg penuh dengan aneka peluang  untuk bertobat. 


Kita pun menjadi pengikut Yesus bukan karena kita orang suci. Tetapi kita sebagai orang berdosa yang memiliki hari esok untuk berbuat baik dan bertobat, meninggalkan dosa dan setia kepada Tuhan. Kata kata Oscar Wilde, orang suci punya masa lalu, tetapi pendosa punya masa depan" menginspirasi dan memotivasi kita untuk membarui diri kita sebagai murid Tuhan Yesus pada zaman ini, kini, di sini,  esok dan seterusnya."


Salam dan berkat dari Rm Bene SVD di Postulat Stella Maris Malang. Tuhan selalu memberkati kita. Amin.

Tidak ada komentar: