Rabu, 28 Juni 2023

Nabi Sejati Menjaga Kecocokan kata yg baik dengan aksi baik bagi semua orang

 Selamat pagi Ibu Bapa Saudara Saudari.  Doa dan berkat dalam misa pagi ini untuk usaha, pekerjaan dan kesehatan Ibu Bapa Saudara Saudari.  Tuhan selalu memberkati. 


"Orang yang menjaga kecocokan antara kata-katanya sejuk dengan tindakannya yang menyejukan hati disukai semua orang. Orang itu kehadirannya senantiasa dirindukan orang banyak. Kepergiannya membuat kehilangan bagi semua yg telah lama bersamanya. 


Allah menampilkan kecocokan antara kata-kataNya dengan pelaksanaan kata kataNya. Allah memberi janjiNya memberi keturunan kepada keluarga Abraham yang secara biologis sudah lanjut usia dan tidak mungkin mendapat keturunan lagi (Kej.15:1-12.17-18). Janji Allah kepada Abaraham untuk mendapat keturunan, terlaksana dalam kenyataan yaitu keluarga  Abraham mendapat anak Ishak yang menjadi ahli waris keluarga.  Di sini jelas Allah Janji dan Janji itu dilaksanakan Allah. Ada kecocokan antara kata Janji dengan pelaksanaan janji dalam kenyataan. Dalam bacaan Injil hari ini (Mat.7:15-20) menampilkan orang yg mengutamakan kecocokan antara berkata benar sesuai kehendak Allah dengan perbuatan benar sesuai kehendak Allah, disebut sebagai nabi asli. Sedangkan nabi palsu adalah orang yg  tidak memiliki kecocokan antara katanya yg benar dengan perbuatannya yg benar. Nabi palsu adalah orang berkata benar sesuai kehendak Allah tetapi perbuatannya tidak benar atau bertolak belakang dengan kehendak Allah. 


Kita menjadi orang Katolik menjaga kecocokan antara berkata benar sesuai kehendak Allah dengan perbuatan benar sesuai kehendak Allah. Itu berarti kita dikenal sebagai orang Katolik karena perbuatan baik kita sesuai kehendak Allah. Dengan demikian kita disukai orang banyak dan terutama kita pantas di mata Allah kita yg setia menjaga kecocokan antara janjiNya dengan pelaksanaan janjiNya bagi keselamatan kita." 



Salam dan berkat dari Rm Bene SVD di Postulat Stella Maris Malang. Tuhan selalu memberkati kita. Amin.***


SUMBER BACAAN MISA HARIAN

 28 Jun 2023

Bacaan I: Kej 15:1-12.17-18

Mazmur Tanggapan: Mzm 105:1-2.3-4.6-7.8-9

Bait Pengantar Injil: Yoh 15:4.5b

Bacaan Injil: Mat 7:15-20

Tidak ada komentar: