Minggu, 10 April 2011

"Kepastian Yesus Adalah Kebangkitan dan Kehidupan"

“AKULAH KEBNGKITAN DAN KEHIDUPAN”



Pengantar

Yesus adalah pembicara ulung dan pelaksana setia kata-katanya.  Komitmen Tuhan Yesus antara kata dan perilaku dirangkum dalam Injil hari ini. SabdaNya “ Akulah Kebangkitan dan kehidupan” menjadi nyata dalam KaryaNya yang Agung yaitu Mujizat pembangkitan Lazarus dari kubur. 

Yesus banyak bicara banyak pelaksanaan kata-kataNya. Kita banyak banyak bicara sedikit melakukan kata-kata indah yang kita taburkan. Maka kita mohon ampun kepada Tuhan dan mohon Roh Kudus Allah yang membangkitkan kita dari kubur kesenjangan antara kata dan perbuatan untuk menjaga keserasian antara perkatan dan perilaku yang baik seturut kehendak Tuhan, sumber iman sekaligus teladan mulia bagi iman kita. 

________________



TUNJUKKAN KEPASTIAN BAHWA YESUS ADALAH SUMBER KEBANGKITAN DAN KEHIDUPAN

(kotbah di RKZ St. Vincentius a Paulo Minggu 10 April 2011)

Beberapa tahun yang lalu, saya mendoakan  orang sakit di sebuah Rumah Sakit. Saya diundang untuk mendoakan orang sakit ini atas permintaan keluarganya yang beragama  Katolik. Bapak yang sakit ini adalah beragama “Pancasila” menurut keluarganya, menurut isterinya dan anak-anaknya. Waktu saya tiba di dalam  kamar sakit saya menyalami Bapa yang sakit itu dan anggota keluarga yang sudah berada di dalam kamar sakit itu. 

Sebelum berdoa, saya minta ijin secara baik-baik kepada Bapa yang sakit ini dan anggota keluarga agar saya memimpin doa dengan cara beriman Katolik. Ijinan itu disambut baik oleh Bapa yang sakit itu dan seluruh keluarganya yang hadir di sekeliling Bapa yang sedang terbaring sakit. Saya ijin agar semua keluarga ikhlas untuk mendoakan Bapa yang sakit ini dalam Cara Doa Agama Katolik. Usai berdoa Bapak ini lebih tenang dan lebih pasrah dalam menghadapi penderitaannya. 
Beberapa minggu kemudian, Bapa yang sakit itu sembuh dan meminta untuk dibaptis. Selama persiapan pembaptisan, saya sempat minta pemahamannya tentang Ajaran Iman Katolik. Bapa ini cukup paham tentang Ajaran Agama Katolik karena sejak TK sampai SMU Bapa ini sekolah di Sekolah Katolik. Lantas saya minta Bapa ini mengungkapkan pengalaman imannya khususnya apa yang menyentuh hatinya sehingga dia meminta dibaptis Katolik. Dari ceritanya bahwa Bapa ini rajin membaca Kitab Suci. Dia sangat tersentuh dengan Injil Yoh 14:6 dimana Yesus menyatakan diri secara pasti kepada orang yang percaya kepadaNya: “Akulah jalan kebenaran dan kehidupan. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku…”  Ayat ini memberikan kepastian iman kepadanya bahwa Tuhan Yesus adalah sumber keselamatan, jalan kebenaran dan kehidupan.  Bapa ini sangat ikhlas untuk dibaptis Katolik.  Allah membangkitkan Bapa ini dengan cara yang unik. Allah mengadakan sebuah perubahan dalam diri Bapa ini. Bagi saya ini adalah Mujizat Tuhan Yesus dalam kehidupan spiritualnya. Kuasa Allah menjadi nyata di dalam kehidupan iman Bapa ini.  Bapa ini sungguh-sungguh mengalami kebangkitan iman di dalam hidup rohaninya.

Bapa ibu saudara dan saudari yang terkasih dalam Kristus….
Tuhan Yesus mengubah manusia dengan berbagai cara dan rencanaNya yang unik bagi setiap pribadi manusia. Dalam Injil hari ini Tuhan Yesus membangkitkan iman dan kepercayaan para muridNya dengan mujizat Yesus membangkitkan Lazarus dari kubur.  Dalam Injil hari ini, Yesus membangkitkan iman dan kepercayaan yang kokoh dalam diri Marta dan  Maria lewat Karya Agung Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus dari Kubur. Dalam injil hari ini, melalui mujizat Pembangkitan Lazarus dari kubur, Yesus membangkitkan keyakinan dan kepercayaan banyak orang yang  menemani Maria dan Marta di sekitar  kuburan Lazarus. 
Melalui Mujizat Pembangkitan Lazarus ini, Tuhan Yesus menyatakan kemuliaanNya sebagai Allah. Kemuliaan Allah itu bukan berdasarkan harta kekayaan duniawi yang dimiliki. Kemuliaan Tuhan Yesus itu diperoleh bukan melalui jabatan, kekuasaan dan kedudukan duniawi. Kemuliaan Tuhan Yesus diraih bukan ditentukan oleh ilmu pengetahuan yang diperoleh.
Tetapi Hanya Melalui Jalan Salib, Jalan  Penderitaan, Tuhan Yesus mencapai kemuliaanNya yaitu kebangkitan dari alam maut dan kebahagiaanNya di  sisi Bapa dis Surga.

Dan Yang Paling penting adalah melalui Mujizat Yesus mebangkitkan Lazarus dari kubur ini, Tuhan Yesus memberikan kesaksian dalam sabda dan karya Agungnya kepada kita.  Dalam kata dan karya Tuhan Yesus menyatakan diri secara pasti kepada setiap orang yang percaya kepadaNya. Kebenaran SabdaNya “Akulah Kebangkitan dan kehidupan” terwujud dalam mujizat Pembangkitan Lazarus. Tuhan Yesus adalah Tuhan yang memberikan kepastian iman kepada setiap orang yang percaya kepadaNya.  Kepastian iman akan Yesus sumber kebangkitan dan kehidupan kekal menyembuhkan segala keraguan akan kehidupan pada masa yang akan datang.

Sama saudara dan saudariku yang terkasih dalam Kristus sumber kebangkitan dan kehidupan….

Yesus Secara Pasti menyatakan diriNya kepada kita dalam sabdaNya (11:25-26) : “Akulah Kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepadaku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.  Dan Setiap orang yag hidup dan percaya kepadaKu, tidak akan mati selama-lamanya. (Yoh 14:6) “Akulah jalan kebenaran dan kehidupan. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku…”   Maka Kita sebagai pengikut Yesus pun harus secara pasti menentukan pikiran, perkataan dan perbuatan berdasarkan ajaran Yesus sumber kebangkitan dan kehidupan kita. Inilah tanda Yesus membangkitan kita dari kubur dosa. Kita pun membangkitkan diri kita untuk setia berjalan di Jalan Tuhan Yesus  dalam suka maupun duka, dalam sehat maupun sakit. Inilah tanda pertobatan nyata yang kita bangkitkan dalam masa Prapaskah ini.

***Pastor  Benediktus Bere Mali, SVD***



Tidak ada komentar: