Selasa, 10 Mei 2011

Visitasi Provinsial di Telok - Katingan-Senin 9 Mei 2011

ADA HATI UNTUK MISI
DI PAROKI ST. JOSEF FREINADEMETZ TELOK - KATINGAN

*P. Benediktus Bere Mali, SVD*


Perjalanan menyenangkan. Berangkat jam 7 pagi tiba jam 2 siang. Ketika kami masuk Paroki Telok-saya langsung dibawah kepada masa pastoral saya pada tahun 2001 di Proki St. Maria Immaculata Nanga Merakai. Suasana di Tepi Sungai Katingan hampir sama dengan suasana Nanga Merakai.

Suasana Telok sangat tenang selain kicauan binatang di alam hutan sekitar. Buah-buahan berlimpah di Telok-Katingan. Persis berhadapan Paroki St. Josef Freinademetz sungai Katingan, jalur utama misi SVD untuk umat stasi sepanjang sungan Katingan. Luas dan lebar sungai ini hampir sama dengan sungai Merakai.

Sungai ini selain jalur transportasi, juga mendatangkan ikan untuk menemani makanan umat manusia sepanjang Sungai Katingan. Semuanya saya amati kurang lebih 45 menit dan masuk ke Pastoran bertemu karyawan dan kemudian makan siang dengan minuman es degan yang sungguh menyegarkan.

Usai makan Suster - Suster SSpS datang juga ke Pastoran Telok, makan dan minum Es Degan sambil mensharingkan pengalaman misi di Telok. Semuanya berbahagia di Telok karena ada hati untuk Misi di Telok. Kata Rm. Naryo SVD semuanya ini adalah Demi Misi di Telok. St. Josef Freinademetz bermisi di Cina dengan berbekalkan bahasa Cinta untuk Cina, demikian juga saya kira semangat St. Josef Freinademetz, pelindung Paroki Telok ini, sungguh hadir dan hidup serta dihidupi oleh SVD dan SSpS.


Usai Makan siang pukul 15.00 Waktu Telok, kami dari Telok  Menuju Palangka Raya. Di tengah hutan Karet Ban Mobil pecah, dan kami berehnti kurang ebih satu jam untuk mengganti Ban Mobil. Kami tiba di Palangka Raya pukul 21.00 Waktu setempat. ***

Tidak ada komentar: